Beranda / Tekno

Mengenal OpenAI, Perusahaan Teknologi di Balik ChatGPT yang Fenomenal

tekno.terasjakarta.id - Selasa, 14 Februari 2023 | 14:35 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Temukan informasi menarik mengenai sejarah dan produk-produk OpenAI seperti GPT-3, Codex, dan Dall-E. (unsplash)

Temukan informasi menarik mengenai sejarah dan produk-produk OpenAI seperti GPT-3, Codex, dan Dall-E. (unsplash)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- OpenAI merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan kecerdasan buatan (AI) dan memiliki beberapa produk hasil besutan yang cukup populer, di antaranya GPT-3, Codex, dan Dall-E.

ChatGPT, yang merupakan program AI berbasis pemodelan bahasa, berhasil mencuri perhatian banyak orang sejak kemunculannya pada 30 November 2022 lalu.

OpenAI merupakan perusahaan teknologi yang berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat dan didirikan pada tahun 2015.

Baca Juga : 5 Ancaman Aplikasi Kencan Online di Hari Valentine, Bisa Bobol Data Pribadi

OpenAI didirikan pada tahun 2015 oleh beberapa tokoh ternama di Silicon Valley seperti Sam Altman yang saat ini menjabat sebagai CEO OpenAI, Elon Musk, Jessica Livingston, Peter Thiel, dan lainnya.

Sejak diluncurkan pada 30 November 2022 lalu, OpenAI berhasil menciptakan program artificial intelligence (AI) yang tengah menjadi perbincangan banyak orang, yaitu ChatGPT.

ChatGPT merupakan program AI berbasis pemodelan bahasa yang memungkinkan AI ini berkomunikasi dengan penggunanya secara natural.

Sejak kemunculannya, popularitas ChatGPT semakin melejit dan banyak orang yang ingin mengenal OpenAI sebagai perusahaan di balik teknologi ChatGPT ini.

Baca Juga : Google Perkenalkan Bard, Chatbot AI Saingan ChatGPT Kembangan OpenAI

Mengetahui Lebih Dekat OpenAI

OpenAI merupakan laboratorium khusus yang berfokus pada pengembangan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan merupakan kolaborasi antara perusahaan waralaba OpenAI LP dan perusahaan induk nirlabanya yakni OpenAI Inc.

Modal yang dimiliki OpenAI mencapai USD1 miliar atau senilai Rp15,2 triliun dengan dana kolaborasi dari beberapa tokoh ternama di Silicon Valley.

Baca Juga : Aplikasi ChatGPT Palsu Wajib di Uninstall dari Smartphone, Berbahaya Bobol Data

Saat ini, posisi CEO dipegang oleh Sam Altman, seorang pengusaha, programmer, investor, dan blogger asal Amerika Serikat.

Produk Hasil Besutan OpenAI

OpenAI berkolaborasi dengan berbagai organisasi penelitian maupun individu lainnya dan hasil riset dan paten dari perusahaan bersifat terbuka untuk umum.

Beberapa produk hasil besutan OpenAI yang cukup populer di antaranya:

Baca Juga : Google Luncurkan Pesaing Untuk ChatGPT

  • GPT-3: Generatif Pre-Trained Transformer 3 merupakan teknologi yang berfungsi menghasilkan teks menggunakan algoritma yang sebelumnya telah disetting. Teknologi GPT-3 adalah dasar dari ChatGPT yang fenomenal.
  • Codex: Merupakan sebuah penyempurnaan dari GPT-3. Teknologi ini dibuat sebagai repository open source code yang diambil dari berbagai web.
  • Dall-E: Teknologi dapat membuat para penggunanya menghasilkan ilustrasi gambar dari input teks. Teknologi ini didapuk mampu menghasilkan gambar yang masuk akal dari berbagai macam input kalimat.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan mengenai OpenAI dan teknologi canggih yang telah mereka hasilkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link