Beranda / Tekno

Xiaomi Luncurkan MIUI 14 Secara Global, Simak Daftar Fitur-Fitur Barunya

tekno.terasjakarta.id - Rabu, 1 Maret 2023 | 16:09 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Xiaomi merilis global sistem interface terbarun mereka, MIUI 14 dan bisa dinikmati untuk para pengguna Xiaomi di Indonesia. (twitter/@xiaomi)

Xiaomi merilis global sistem interface terbarun mereka, MIUI 14 dan bisa dinikmati untuk para pengguna Xiaomi di Indonesia. (twitter/@xiaomi)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Xiaomi telah resmi meluncurkan antarmuka (UI/User Interface) terbarunya, yaitu MIUI 14, pada Desember lalu dan pembaruan MIUI 14 tahap pertama sudah bisa digunakan per Januari 2023 untuk seluruh pengguna di China.

Bersamaan dengan peluncuran Xiaomi 13 series di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona kemarin, Xiaomi mengumumkan interface terbaru mereka MIUI 14 sudah dapat digunakan secara global, Senin (27/2).

Pengumuman ini berarti para pengguna smartphone Xiaomi di Indonesia juga akan dapat men-download dan menggunakan MIUI 14 dalam waktu dekat.

Baca Juga : Realme GT3 Resmi Diliris, Bawa Fast Charging Tercepat di Dunia

MIUI 14 dirancang dengan basis sistem operasi (OS) dari Android 13 dan memiliki perubahan tampilan dibanding MIUI 13 dan disebut memiliki desain yang lebih minimalis.

Pembaruan MIUI 14 juga memungkinkan perangkat Xiaomi untuk menampilkan ikon yang lebih besar serta para pengguna akan diberikan kontrol untuk bisa melakukan beberapa penyesuaian.

Fitur Baru Menarik MIUI 14

Pembaruan sistem interface MIUI 14 dari Xiaomi juga menghadirkan beberapa fitur yang menarik didalamnya, berikut adalah daftar fitur-fitur baru yang menarik dari MIUI 14.

Baca Juga : Qualcomm dan Produsen Smartphone Global Sepakat Hadirkan Snapdragon Satelit

Manajemen Notifikasi

MIUI 14 hadir dengan opsi manajemen notifikasi baru. Para pengguna dapat menghapus beberapa daftar notifikasi cuma dengan 1 kali swipe.

Nantinya, notifikasi aplikasi yang baru dipasang harus mendapat persetujuan pengguna dulu agar bisa tampil di daftar notifikasi.

Baca Juga : Telkomsel Bersama Huawei Hadirkan Pengalaman Digital Terdepan

Xiaomi Magic Center

Xiaomi Magic Center merupakan salah satu fitur di MIUI 14 yang berguna untuk mengelola produk ekosistem Xiaomi yang digunakan penggunanya.

Hal ini membuat platform tersebut memiliki pembaruan pada panel, khususnya saat menghubungkan aneka produk ke smartphone Xiaomi.

Kemampuan Asisten Mi AI 6.0

Baca Juga : HP OPPO Find N2 Flip Resmi di Rilis, Ini Spesifikasinya

Asisten suara Mi AI di MIUI 14 memungkinkan para pengguna Xiaomi untuk dapat memanfaatkan sistem asisten suara untuk menjalankan perintah, seperti pindai dokumen.

Selain itu para pengguna juga dapat menerjemahkan sebuah tulisan, dan memfilter panggilan telepon spam.

Mengambil Teks dari Gambar

Baca Juga : SaveFrom, Cara Mudah Hilangkan Watermark di Video CapCut dan TikTok

Antarmuka terbaru MIUI 14 juga dilengkapi fitur yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI), sehingga para pengguna dapat mengambil teks dari gambar.

Pengguna dapat 'tap and hold' teks pada gambar yang tersimpan di galeri pengguna untuk dapat memunculkan teks tersebut. Teks tersebut juga tersedia dalam 8 bahasa yang berbeda.

Family Service

Fitur Family Service ini memungkinkan pengguna membuat grup yang terdiri dari 8 anggota dan bisa mengatur kendali atau izin akses kepada masing-masing anggota.

Baca Juga : Fitur Aplikasi Satu Sehat Mobile Pengganti PeduliLindungi, Lengkap untuk Kesehatan Anda

Para pengguna yang tergabung dalam grup nantinya bisa saling mengunggah foto baru, melihat foto, hingga berbagi album foto di album tersebut.

Family Service juga dapat digunakan para pengguna tersebut untuk dapat berbagi data kesehatan, seperti hasil saturasi oksigen dalam darah, detak jantung, hingga pelacakan tidur.

Integrasi dengan perangkat lain

Baca Juga : SSSTikTok, Cara Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark dan Gratis

Fitur integrasi ini memungkinkan pengguna untuk dapat terkoneksi atau terhubung dengan sejumlah produk lain dengan lebih mudah.

Xiaomi sendiri telah mengklaim bahwa ada lebih dari satu miliar perangkat yang bisa terkoneksi ke smartphone bikinannya.

Selain fitur baru dalam tampilan, ukuran firmware MIUI 14 juga diklaim lebih kecil dibandingkan dengan MIUI 13. Ukuran MIUI 14 hanya sebesar 13,09GB.

Daftar Smartphone Xiaomi yang Bisa Pakai MIUI 14

Baca Juga : BCA Mobile Error Lagi, PT BCA Minta Maaf atas Kendala Layanan M-Banking

Berikut adalah daftar smartphone yang mendapatkan pembaruan MIUI 14 pada kuartal I-2022 secara global:

  • Xiaomi Mi 11 Pro
  • Xiaomi Mi 11
  • Xiaomi Mi 11 Ultra
  • Xiaomi Mi 11i
  • Xiaomi Mi 10T
  • Xiaomi Mi 10T Pro
  • Xiaomi Mi 10
  • Xiaomi Mi 10 Pro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link