Beranda / Tekno

Instagram Batasi Konten Politik Lewat Fitur Terbaru, Bisa Dipakai di Indonesia

tekno.terasjakarta.id - Rabu, 27 Maret 2024 | 13:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Download Story IG Tanpa Aplikasi

Instagram sediakan fitur untuk membatasi konten politik "Political content". (Foto: Unsplash)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Instagram mengumumkan bahwa platform media sosialnya tersebut tidak lagi proaktif merekomendasi konten politik, seperti fitur Threads.

Instagram mulai membatasi konten politik dengan merilis fitur baru "Political conten" yang bisa diaktifkan pengguna secara default.

Fitur tersebut juga bisa digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia dengan aplikasi versi 323.0.0.35.65 versi Android.

Adanya fitur ini juga mempengaruhi rekomendasi konten politi di Explore, Feed, dan Reels Instagram dari orang-orang yang tidak diikuti pengguna.

Baca Juga : Instagram Luncurkan Tool AI Backdrop, Bebas Ganti Background IG Stories

Penganturan tersebut dapat secara otomatis diaktifkan untuk Instagram dan Thread. Bahkan, Facebook juga mendapatkan pengaturan untuk membatasi konten politik.

Meski Instagram sudah tidak ingin mempromosikan konten politik, namuk aplikasi tersebut tidak benar-benar menghilangkannya.

Jika ingin tetap direkomendasikan, pengguna bisa mengontrol pilihan melalui fitur "Political content" yang berada di pengaturan.

Baca Juga : Cara Pakai Shared List, Fitur Baru Instagram Bagikan Cerita ke Banyak Circle

Hal tersebut diungkapkan langsung Instagram dalam keterangannya.

"Jika Anda memutuskan untuk mengikuti akun yang memposting konten politik, kami tidak ingin memisahkan Anda dan postingan mereka. Namun, kami juga tidak ingin secara proaktif merekomendasikan konten politik dari akun yang tidak Anda ikuti." Tulis Instagram.

Adapun cara untuk membatasi atau ingin mendapat rekomendasi konten politik di Instagram dan Thread berikut langkah yang bisa dilakukan.

Cara Membatasi Konten Politik di Instagram

  • Buka aplikasi Instagram dan pastikan kamu sudah memiliki akun
  • Buka bagian profil
  • Kemudian klik menu "Setting"
  • Pilih "Suggested content"
  • Setelah itu pilih menu "Political conten"
  • Selanjutnya klik opsi "Limit political content from people you don't follow" agar tidak menerima rekomendasi konten politik dari akun atau pengguna Instagram yang tidak diikuti. Opsi ini diterapkan secara default atau dari bawaan
  • Kemudian klik opsi "Don't limit political content from people you don't foloow" agar pengguna bisa terus melihat rekomendasi konten politik di Explore, Feed, Reels, ataupun Suggested User.

Dengan adanya fitur terbaru ini, pengguna dapat memiliki kontrol penuh terhadap rekomendasi konten politik di akunnya.

Melansir dari laman resminya, Instagram mendefinisikan Political Content sebagai sebuah unggahan yang menyebut pemerintahan, pemilihan umum, atau topik sosial lain yang berhubungan dengan masyarakat dan orang banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link