Beranda / Tekno

Spotify Rilis Update Terbaru, Konten Video Vertikal ala TikTok dan Instagram Reels

tekno.terasjakarta.id - Jumat, 10 Maret 2023 | 17:29 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Tampilan baru Spotify dan fitur-fitur baru dalam update terbaru Spotify. (spotify newsroom)

Tampilan baru Spotify dan fitur-fitur baru dalam update terbaru Spotify. (spotify newsroom)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Spotify, platform streaming musik dan podcast terkemuka, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan konten video vertikal ala TikTok dan Instagram Reels dalam update terbarunya.

Pada tanggal 8 Maret 2023, Spotify mengubah tampilan halaman utama aplikasinya dengan fitur interaktif yang mirip dengan Instagram dan TikTok.

Perubahan desain terbaru Spotify ini akan mempengaruhi cara aplikasi merekomendasikan konten kepada penggunanya, dari desain spotify yang sebelumnya hanya album dan playlist menjadi video dan visual lainnya.

Spotify Rilis Update Terbaru menambahkan konten video vertikal ala TikTok dan Instagram. (spotify newsroom)

Spotify Rilis Update Terbaru menambahkan konten video vertikal ala TikTok dan Instagram. (spotify newsroom)

Perubahan desain terbaru Spotify ini memungkinkan pengguna menggulir layar dari bawah ke atas untuk mencari konten yang ingin didengar, dan desain terbaru Spotify ini diumumkan dalam acara Stream On dan mendapat sambutan baik dari penggemar.

Baca Juga : Daftar Summoners War Chronicles Tier List Monster Terbaru

Pendiri dan CEO Spotify Daniel Ek mengatakan bahwa desain terbaru Spotify ini akan membuat Spotify jadi lebih hidup dan interaktif.

Home feed yang dirombak sepenuhnya akan mencakup tampilan grid album dan playlist yang direkomendasikan serta preview video klip musik yang ditampilkan dalam bentuk vertikal dan layar penuh.

Untuk melihat feed video, pengguna bisa memilih salah satu antara tab 'Music' dan 'Podcasts & Shows' dalam update terbaru Spotify yang berada di bagian atas, mirip seperti menjelajahi TikTok atau Instagram.

Saat mengakses halaman 'Podcast & Shows' dalam update terbaru Spotify, pengguna juga akan melihat cuplikan podcast yang diunggah dalam bentuk video.

Baca Juga : GTA 6 Dirumorkan Bakal Rilis, Kapan?

Pengguna juga bisa memilih salah satu video atau podcast yang ditampilkan dan dalam update terbaru Spotify akan membawa pengguna ke halaman khusus untuk memutar konten tersebut secara penuh.

Sedangkan, konten 'Audiobooks' dalam update terbaru Spotify akan menampilkan cuplikan berupa cover konten yang disertai potongan suara.

Di halaman "Search" (Pencarian) dalam update terbaru Spotify, pengguna dapat menggulir layar dari bawah ke atas untuk mencari cuplikan dari trek favorit.

Baca Juga : Cara Download Whatsapp GB Gratis tanpa Berbayar

Cuplikan lagu yang muncul dalam update terbaru Spotify bisa disimpan dan dimasukkan ke playlist para pengguna, memungkinkan pengguna mem-follow akun penyanyi favorit mereka, hingga membagikannya ke pengguna lain.

Tidak hanya interface baru, Spotify juga akan merilis fitur terbaru Spotify untuk meningkatkan rekomendasi konten yaitu AI DJ dan Smart Shuffle.

Fitur terbaru Spotify AI DJ memanfaatkan teknologi AI dan suara AI yang terdengar sangat alami untuk memperkenalkan musik rekomendasi, para pengguna akan merasa mendengarkan penyiar radio saat sedang siaran.

Sementara itu, fitur terbaru Spotify Smart Shuffle akan menyelipkan lagu rekomendasi di playlist yang sedang diputar, dan pengguna bisa menambahkannya ke playlist dengan klik tombol '+'.

Baca Juga : Video CCTV Bjorka Bikin HP Nge-lag, Hoax atau Fakta?

Fungsi fitur tersebut masih sama, hanya saja sistem akan secara otomatis merekomendasikan lagu baru ke dalam playlist di fitur terbaru Spotify, menyesuaikan genre lagu yang biasanya diputar.

Update terbaru Spotify ini akan digulirkan untuk lebih dari 500 juta pengguna Spotify di seluruh dunia dalam beberapa pekan ke depan, dan untuk fitur terbaru Spotify Smart Shuffle, hanya akan tersedia ekslusif untuk para pelanggan Spotify Premium.

Dengan update terbaru Spotify ini, Spotify berharap dapat menarik lebih banyak pengguna dan bersaing dengan platform streaming musik lainnya.

Baca Juga : Redmi 12C Mulai dari Rp1 Jutaan, Smartphone Entry Level dengan Spek Mumpuni

Oleh karena itu, perusahaan terus memperluas audiensnya dengan cara-cara baru, salah satunya dengan merombak tampilan aplikasinya menjadi mirip Instagram dan TikTok.

Bagi pengguna, update terbaru Spotify ini memberikan pengalaman yang lebih menarik dan interaktif dalam menikmati konten musik dan podcast di Spotify.

Fitur-fitur terbaru Spotify ini belum bisa digunakan di Indonesia, hanya baru tersedia secara terbatas untuk wilayah Amerika Serikat, Inggris, Australia, New Zealand, dan Irlandia saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link